Rabu, 10 Oktober 2012

Langkah korek mesin harian yang benar


mohon maaf sebelumnya ya,  udah lama tidak update 
ni saya kasih cara korek motor harian

Mesin korek harian memang lebih disukai para rider yang suka kecepatan tapi motor masih bisa diajak jalan setiap hari,bukan hanya buat balapan. Apakah kamu tahu langkah-langkah membuat korek mesin harian yang benar? Banyak orang-orang yang salah kaprah tentang membuat motor mereka lebih cepat seperti contoh : Motor standart dan masih bawaan parbrik ingin mebuat motornya lebih cepat dengan cara mengganti knalpot racing , bobokan , free flow dll yang berbau racing tapi apakah dibearkan?

Jika menurut saya itu salah besar karena dilihat dari spek motornya pun masih standart lubang buang atau lubang exhaust belum dibesarkan(porting belum dibesarkan). Seperti orang makan nya banyak maka tenaga yang dihasilkan lebih besar dan lebih lama dibanding orang yang makanya sedikit pasti tenaga yang dikeluarkan juga sedikit dan lebih cepat lelah. Sama halnya dengan penggantian knalpot racing jika pembakaran sedikit tapi diharuskan membuang tenaga yang besar maka motor pun akan loyo.

Seperti contoh lainya penggantian karbu gendut atau karbu PE 28 padahal mesin masih standart dan durasi noken masih standart pula maka kerja mesin pun tak akan maksmal. Jadi langkah korek mesin harian yang benar adalah:












2.Camshaft
Noken as yang berperan penting menjadi paru-paru sepeda motor karena part ini yang sering menentukan kinerja dan performance mesin nantinya. Biasanya untuk langkah membuat noken racikan pertama harus digaris berapa mm biasanya untuk harian 2mm sudah ekstrem. Kemudian di papas menggunakan mesin papas noken agar noken tidak ngeclek flang harus rapi.



 



 3.Porting Polish
Lubang jalur masuk dan keluar pembakaran harus benar" bagus karena untuk efisiensi volumetrik agar aliran nya tak ada hambatan yang teralu besar. Porting polis harus benar karena jika salah arah membuat porting motor malah loyo seperi porting lubang exhaust jika kelwat besar dari diameter klep motor pun akan lemes.







 4.Karburator
Setelah 3 langkah diatas maka karburator wajib untuk di korek jika tidak ganti yang lebih ekstrem seperti karbu pe 28 atau yang lainya. Atau bisa juga karbu standart direamer menjadi venturi yang lebih besar.
Macam karbu reamer  bisa kalian baca juga.









  5.Knalpot.
nah knalpot adalah akhir dari korek mesin harian setelah 4 langkah diatas selesai maka knalpot menyesuaikan karakter korekan mesin agar kompak dan mesin pun lebih awet.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar