Rabu, 07 November 2012

cara paling murah buat laju motor kencang


Metode 'Ground Strap'/ Foto: IstimewaMetode 'Ground Strap'/ Foto: Istimewa

















Hampir semua pengendara sepeda motor pasti menginginkan kendaraanya bisa ‘berlari’ kencang. Tapi, bagaimana caranya membuat kendaraan mampu melaju kencang diatas standar? Asal tahu saja, untuk membuat sepeda motor bisa dipacu kencang, salah satunya dengan meng- up grade pengapian. Diantaranya mengganti CDI, koil dan mengganti busi.
Namun, untuk penggantian semua pengapian tersebut di atas membutuhkan anggaran yang cukup ‘menguras’ kantong. Nah, bagaimana dengan bikers yang berkantong pas-pasan?
Bagi bikers yang mempunyai uang pas-pasan, saat ini ada metode murah yang bias diterapkan. Namun, hasilnya dijamin sangat luar biasa, yaitu dengan metode ground strap.
Menurut Alexander Yudho Adianto, blogger yang gemar otomotif, ground strap adalah grounding yang dilakukan pada kabel busi yang berfungsi sebagai booster, sekaligus stabilizer pengapian. Teknologi ground strap akan menghilangkan kapasitansi kabel busi dan menyerap frekuensi liar yang tercipta di sekeliling kabel busi.
Kapasitansi dan frekuensi ini bervariasi, tergantung kabel busi yang dipakai. Biasanya kabel busi yang "super" seperti protec racing wire akan menghasilkan arus yang lebih rendah. Sehingga dengan demikian pengaruh ground strap akan lebih terasa pada kabel busi standar. Ada pun efek yang dihasilkan mirip dengan stabilizer seperti 9Power.
Kawat kabel dililitkan/ Foto: IstimewaKawat kabel dililitkan/ Foto: Istimewa
“Untuk hasilnya bagusan mana? Ente rasain sendiri aja ye, resep ini atau 9Power,” kata Alexander Yudho Adianto yang berstatus mahasiswa dan karyawan swasta ini.
Adapun koil yang bisa menerapkan teknologi ini adalah koil Nology dan Protec Ultimate. Setelah menerapkan teknologi ini maka bisa mengamati sendiri perubahan pada api yang dihasilkan. Terutama saat ground strap diaplikasikan, api akan langsung berwarna biru dan fokus.
Untuk bisa menerapkan teknologi ini, pertama yang harus dilakukan adalah membeli kabel kawat di toko elektronik yang dijual Rp 3.000 per meter. Setelah itu, kupas kulit pelapisnya sehingga akan terlihat kawat tembaganya. Kawat tersebut lalu dililitkan di sepanjang kabel busi.
Agar menghasilkan kerja yang maksimal, sebisa mungkin kurangi panjang kabel busi dan buat lilitan yang rapat. Lilitan tidak perlu menutup semua kabel busi, namun pastikan sekitar 70-80% tertutup lilitan. Lebih rapat dan banyak lilitan maka hasilnya semakin bagus.                     
Setelah itu, ujung lilitan disambungkan atau dibaut dengan ground koil. Langkah terakhir, bungkus lilitan dengan isolasi listrik / kabel bakar. Ujung lilitan jangan lupa dihubungkan ke massa. Rakit koil ke posisi semula, untuk hasil yang optimal dan setel karburator.

17 komentar:

  1. wah... bagus sekali mas.

    kayaknya perlu di coba nih.

    BalasHapus
  2. kalau misalnya salah nglakuin akibatnya aba gan

    BalasHapus
  3. ahmad hrus itu heheh
    ariez itu gak ada akibat nya
    danny murah kok gan
    frendy seperti yg dijelaskan diatas

    BalasHapus
  4. Karbu nya ga perlu di ganti apa gak???
    atau di ganti pke karbu yg cc nya di atas karbh vega??

    BalasHapus
  5. selain itu ada yang lain gk bang ?

    BalasHapus
  6. itu berpengaruh ppada bahan bakar atau enggak bang.,??

    BalasHapus
  7. Artikel nya sangat membantu bro ,,
    Buat yang lagi nyari part racing, mampir bro ke blog kita Advie Motor & Website Kita Advie Motor Racing Shop

    BalasHapus
  8. kalau kabel yg gak di lepas bungkusnya harus kena baut koil kah bos seperti gambar pertama,...???

    BalasHapus
  9. kabel businya perlu dikupas juga nga? apakah langsung lilit?

    BalasHapus
  10. thank's saranya, tp foto al hasilnya kurang jelas gan.... tlng foto'nya yang lebih ril ya gan biar tau jadinya gmana...

    BalasHapus