Kamis, 29 November 2012

Tune up motor


Tune Up adalah perwatan berkala tanpa adanya penggantian komponen mesin
Pekerjaan yang meliputi pemeriksaan;
-oli mesin
-Sistim pendingin
-Tali kipas
-Saringan udara
-Katup pengontrol panas

-Baterai
-Busi
-Kabel tegangan tinggi
-Distributor
-Celah katup
-Karburator
-Putaran idle permulaan (Inintial Idle Speed)
-Fast idle
-Thottle Positioner
-Tekannan kompresi
Tujuan melaksanakan Tune Up pada kendaraan bermotor yakni:
Untuk pengontrolan kondisi mesin kendaraan setelah digunakan untuk 10.000 kilometer;
Untuk memeriksa, menyetel dan mengembalikan kondisi motor dari kendaraan ke keadaan semula
Fungsi Filter Udara:
Udara yang masuk ke mesin mengundang debu dan benda benda lain akan menyumbat saluran karburator, mempercepat keausan silinder mesin serta mengotorkan oli. Filter Udara menyaring debu dan kotoran lainnya yang terkandung di dalam udara yang masuk melalui filter yang didalamnya terdapat alat penyaring udara, sehingga debu dan kotoran tidak dapat masuk ke dalam karburator dan silinder mesin. Apabila filter tersumbat kotoran, aliran udara akan terbatas yang mengakibatkan terganggunya kerja karburator. Filter Udara dibagi menjadi dua yaitu: filter udara kering dan filter udara basah
Pembersihan atau penggantian saringan udara jenis kering
1. Lepas saringan udara periksa kondisi saringan udara, jika kotor sekali harus diganti baru
2. Ketok saringan beberapa kali agar debu yang menempel terlepas
3. Semprotkan dengan udara bertekan dari dalam keluar. Kadang-kadang saringan udara basah oleh oli.
Oli tersebut berasal dari sistim ventilasi karter. Bersihkan sistem tersebut kemudianlakukan pengontrolan
pada permukaan batas oli motor (mungkin terlalu tinggi) atau juga disebabkan kerapatan cincin-cincin
torak, untuk ini buka tutup pengisi oli pada saat motorhidup. Jika banyak gas yang keluar, bisa juga cincin
torak bocor, akibatnya gas tersebut dapatmembawa oli mesin sampai ke saringan udara.
4. Pasang kembali rumah saringan udara. Pada waktu pemasangan, perhatikan kedudukan paking-pakingnya.
Pembersihan saringan udara tandon oli (tipe basah).
1. Lepas saringan udara
2. Cuci saringan udara dengan bensin
3. Keluarkan oli dari rumah saaringan udara, bersihkan rumah saaringan udara dengan bensin dan lap.
Fungsi Tali Kipas
Tali kipas meneruskan tenaga mesin dari puli poros engkol untuk menggerakkan bagian bagian pembantu mesin yang lain, seperti pompa air, kipas dan alternator. Biasanya tali kipas baru masih elastis, tetapi elastisitasnya hilang setelah dipergunakan.
Pemeriksaan secara visual
1. Periksa tali kipas kemungkinan retak, sudah buruk, terlalu kencang atau aus;
2. Terdapat oli atau gemuk.
3. Persinggungan yang tidak sempurna antara tali dan puli.
Pemeriksaan dan penyetelan kekencangan tali kipas
1. Dengan kekuatan tekanan 10 kg, tekan tali pada tempat-tempat yang seharusnya tali harus
menunjukkan kekencangan spesifikasi. Lenturan tali kipas pada tekanan 10 kg yakni Kipas Alternator
7-11 mm dan Engkol Kompresor AC 11-14 mm.
2. Perhatikan ketegangan sabuk penggerak. Kurang tegang – tali kipas slip – cepat aus.Terlalu tegang –
bantalan pipa air dan alternator menjadi cepat rusak. Jika tali kipas harus diganti, perhatikan ukurannya.
Ukuran sabuk mengikuti normalisasi.Lebar : 9,5 ; 10,5 ; 11,5 ; 12,5 mm. Panjang : Penatahapannya adalah
25 mm, misal 800, 825,850 mm dst.
3. Beri vet atau cairan khusus pada sabuk lama yang berbunyi
Periksa baterai kemungkinan:
1. Rumah baterai berkarat;
2. Hubungan terminal longgar;
3. Terminal berkarat atau rusak;
4. Baterai rusak atau bocor.
Pengukuran berat jenis elektrolit
1. Periksa berat jenis elektrolit dengan hydrometer; Berat jenis berkisar antara 1,25 – 1,27 pada 20oC;
2. Periksa banyaknya elektrolit pada setiap sel. Jika tidak berada pada ketinggian yang semestinya, istilah
dengan air suling.
Fungsi Oli
Oli dengan sifatnya yang kental dan halus, tidak hanya sekedar mengurangi ausan dan gesekan pada piston (torak), bantalan dan bagian bagian yang berputar. Oli juga membantu menahan suhu tinggi, gas bertekanan tinggi maupun membantu memindahkan panas dari bagian yang bersuhu tinggi ke karter (panci oli) selanjutnya dipindahkan ke udara luar. Oli mencegah keroposnya bagian yang terbuat dari logam, merupakan bantalan bagi bagian yang berputar serta menyerap zat zat yang merusak dari hasil pembakaran didalam mesin. Setelah melakukan tugas tugas ini, maka oli kehilangan efektifitasnya dan karena itu harus diganti secara periodik.Pemeriksaan tinggi oli, tinggi oli harus berada pada tanda L dan Jika lebih rendah, periksa kemungkinanada kebocoran lalu tambah oli hingga tanda F Gunakan oli API service SE.
Fungsi Penggantian saringan oli
Sementara oli sedang dipakai, karbon yang dihasilkan dari reaksi pembakaran dalam mesin serta serbuk logam masuk ke dalam oli sehingga oli menjadi kotor. Apabila kotoran tersebut menumpuk, ia akan menyebabkan bagian bagian yang berputar cepat aus dan tergores. Karena itulah dipasangkan saringan oli untuk menahan kotoran dan membuang kotoran tersebut dari oli. Berhubung kotoran yang demikian akan menumpuk didalam saringan (flter), saringan perlu diganti secara periodik.
Penggantian Saringan Oli (Filter)
1. Buka saringan oli dengan alat pembuka filter;
2. Pilih saringan oli dengan mencocokkan ulir saringan dan diameter paking
3. Kontrol apakah saringan oli lama dilengkapi dengan katup “ by-pass” atau tidak.
4. Kontrol perlu tidaknya katup anti balik di dalam saringan oli dengan melihat posisi pengikatan saringan oli
terhadap motor. Jika posisi pengikatan horisontal atau saringan di bawah, maka saringan oli
harus dilengkapi dengan katup anti balik.
5. Untuk memasang, kencangkan saringan oli dengan tangan.
Fungsi Celah Katup
Agar terdapat operasi mesin yang effisien apabila katup menutup, agar tertutup rapat sekali dengan dudukannya.
Untuk menjamin keadaan demikian, terdapat celah yang disebut ‘celah katup’ (clearance) diantara katup katup dalam keadaan tertutup dan tuas (roker). Dengan celah ini, katup akan kembali ke dudukannya tanpa ganguan selama mesin bekerja walaupun terdapat pemuaian dari komponen tertentu.
Cara menyetel celah katup yakni:
1. Mesin dipanasi dan kemudian dimatikan;
2. Tempatkan Silinder nomor 1 pada TMA atau titik mati atas atau kompresi dengan jalan memutar
poros engkol;
3. Kencangkan kembali baut-baut kepala dan baut-baut penguat roker. Momen pengencangan menunjukkan
1,8 –2,4 kgm;
4. Stel celah katup dengan jalan celah katup diukur diantara batang aktup dan lengan loker.Yang disetel hanya
katup yang ditunjuk oleh panah saja. Celah katup menunjukkan Hisap 0,20 mm dan Buang 0,30 mm;
5. Putarkan poros engkol (crankshaft) 360o;
6. Setel katup-katup lain yang ditunjukkan oleh panah.
PEMERIKSAAN KABEL BUSI
Lepaskan steker busi. Jangan ditarik pada kabelnya. Hubungan inti arang kabel mudah terlepas dari steker kalau kabel ditarik. Periksa tahanan kabel menggunakan multimeter. Tahanan kabel yakni kurang dari 25 kΩ per kable
.PEMERIKSAAN ADVANCE VACCUM
1. Lepas tutup distributor;
2. Lepas slang vaccum yang menuju ke distributor pada karburator. Hisap slang dengan mulut dan perhatikan
plat dudukan kontak pemutus harus bergerak. Slang vaccum tidak boleh retak atau longgar
pada sambungannya
PEMERIKSAAN ADVANCE SENTRIFUGAL
Rotor harus kembali dengan cepat setelah diputar searah putarannya dan dilepas;
Rotor tidak boleh terlalu longgar.
PEMERIKSAAN KONTAK PEMUTUS
1. Setel celah kontak pemutus dengan fuler, putar motor dengan tangan sampai kam; dengan tumit ebonit
dalam posisi yang tepat
2. Pilih fuler yang sesuai dengan besar celah kotak;
3. Periksa celah kontak dengan fuler yang bersih.
4. Jika celah tidak baik, stel seperti berikut:
-Kendorkan sedikit sekrup-sekrup pada kontak tetap.
-Stel besar celah dengan menggerakkan kontak tetap.
-Penyetelan dilakukan dengan obeng pada takik penyetel;
-Jika penyetelan sudah tepat, keraskan sekrup-sekrup pada kontak tetap;
5. Putar mesin satu putaran, periksa sekali lagi besarnya celah kontak.
Sebagai petunjuk:
Besar celah kontak untuk mobil biasanya 0,4 –0,5 mm.
Kontak pemutus biasanya diganti baru setiap 20’000 km. Kontak lama dapat dirataka dengan kikir kontak atau kertasa gosok dan selanjutnya dibersihkan dengan kertas yang bersih. Tetapi, kalau ketidak-rataan kontak besar, sebaiknya kontak pemutus diganti baru.
Tes dengan dwell tester
Start motor dan periksa sudut dwel. Jika salah, stel celah kontak sampai mendapatkan hasil yang baik dan keraskan sekrup-sekrup pada kontak tetap;
Pasang kembali, kontrol sudut dwel sekali lagi selama motor hidup (putaran idle).
Sebagai Petunjuk:
Besarnya sudut dwel untuk motor 4 silinder biasanya 52o – 56o
Sesuaikan pemasangan kabel pengetes dwel dengan merk atau tipe yang digunaakan
Fungsi Pengapian
Mesin bensin bekerja dengan pembakaran bensin dan campuran udara yang ditekan setelah langkah hisap serta terbakar oleh bunga api busi. Bunga api yang menyebabkan letusan disebut “saat pengapian” (ignition time) dan diatur oleh pembukaan platina dalam distributor.Waktu pengapian harus distel sedemikan rupa sehingga tidak terlalu cepat dan juga tidak terlalu lambat sebab akan menurunkan efisiensi mesin.
Penyetelan Pengapian
Setel putaran mesin pada kecepatan idle. Pada motor yang dilengkapi dengan oktan slektor, posisi oktan selektor harus disetel pada posisi standar. Saat pengapian adalah 8o sebelum TMA atau idling.
Penyetelan saat pengapian cocokkan tanda-tanda waktu dengan memut body distributor . Saat pengapian 8o sebelum TMA atau idling.
PEMERIKSAAN BUSI
Periksa busi secara visual kemungkinan terdapat hal-hal berikut:
1. Retak atau kerusakan lain pada ulir dan isolator;
2. Keausan elektroda;
3. Gastek rusak atau lapuk;
4. Elektroda terbakar atau terdapat kotoran yang berlebihan.
Pembersihan Busi
1. Jangan menggunakan alat pembersih busi lebih lama dari yang diperlukan;
2. Tiupkan bubuk pembersih dan karbon dengan udara kompresi;
3. Bersihkan ulir dan permukaan luar isolator
Pengukuran tekanan kompresi
1. Panaskan mesin;
2. Buka semua busi;
3. Lepaskan kabel tegangan tinggi dari koil pengapian agar aliran sekunder terputus;
4. Masukkan alat pengukur kompresi ke dalam lubang busi;
5. Buka trotel gas sepenuhnya dan baca tekanan kompresi sementara mesin dihidupkan dengan motor stater.
Sebagai petunjuk:
Usahakan agar pengukuran dilakukan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.
-Putaran : 250
-Tekanan kompresi
-STD 11,0 kg/cm2
-Limit 9,0 kg/cm2
-Perbedaan antara masing-masing silinder 1,0 kg/cm2

Kamis, 22 November 2012

Salah Kaprah Ganti Spuyer Motor

Sekarang eranya 4-tak. Buka-tutup lubang buang akurat diatur oleh klep. Tidak seperti di mesin 2-tak, buka-tutup lubang bilas dan isap diatur piston alias seher. Akibatnya volume dan bentuk knalpot sangat pengaruh di mesin 2 langkah.

Latar belakang itu yang membedakan seting mesin 2-tak dan 4-tak. Misalnya mesin 2 langkah standar ganti knalpot racing. Bikin lubang pembuangan lancar. Untuk itu karburator wajib diseting ulang. Ukuran spuyer harus naik dan setelan udara juga harus diseting lagi.

Berbeda dengan dapur pacu 4-tak yang buka-tutup lubang isap dan buang diatur oleh klep. Sudah sangat akurat. “Makanya jika mesin masih standar dan hanya ganti knalpot, tidak perlu menaikan spuyer,” wanti Bobeng alias Sugiono, tim riset PT Trimentari Niaga.

Bobeng ngomong bukan berdasarkan feeling. Dia menggunakan dynotest untuk mengukur tenaga. Artinya ngomong yang didukut data dan sedert fakta. Mesin standar ganti knalpot racing dan menaikan spuyer, hasilnya power ngedrop.

Begitupun dari tes AFR (Air Fuel Ratio). Mesin standar dan knalpot racing diikuti ganti spuyer bikin boros bensin. Artinya AFR lebih kaya bensin dan tidak terbakar tuntas. Ini yang bikin tenaga ngedrop.

BOLEH GANTI SPUYER

Di mesin 4-tak silakan ganti spuyer jika dapur pacu sudah dibore-up. Itu lantaran volume silinder sudah besar. Permintaan gas sudah gede. Otomatis pilot dan main-jet naik beberapa step. Begitupun jika kem dikorek atau sudah ganti racing.

“Boleh diikuti ganti spuyer yang lebih gede. Soalnya kem racing bikin bukaan klep lebih lama dan masa overlap katup lama juga,” analisis Jap Sun Kin, bos produsen spuyer Extreme.

Maksud Sun Kin, akibat overlap lama bikin gas bakar banyak terbuang. Ikut membilas dan terbuang lewat knalpot. “Untuk ngimbanginya suplai gas bakar diperbesar,” jelas pria bertubuh besar itu

noken as racing

Kuncian dari sebuah noken as atau camshaft adalah bubungan / Nok / Lobe yang dimilikinya. Ketika noken as berputar, tonjolan ini menonjok klep untuk terbuka dan menutup sesuai dengan gerakan piston. Ini bukti bahwa ada hubungan langsung antara bentuk dari sebuah noken as dan cara mesin menampilkan performa pada rentang kecepatan berbeda.

Untuk memahami kasus ini, bayangkan kita sedang menjalankan mesin dengan sangat pelan — 10 atau 20 RPM — sehingga piston memiliki beberapa detik untuk menyelesaikan siklusnya. Namun sangat tidak mungkin menjalankan mesin normal sepelan ini, namun bayangkan seandainya saja kita bisa. Dengan kecepatan serendah ini, kita menginginkan bentuk tonjolan noken as sebagaimana :

* Seketika piston bergerak turun pada langkah hisap , klep intake terbuka. Dan menutup saat piston di TMB.
* Klep buang terbuka saat piston TMB pada akhir langkah ekspansi, dan menutup saat akhir langkah buang.

Setelan ini sangat cocok untuk mesin yang bergerak sangat lambat. Namun apa yang terjadi ketika kamu meningkatkan RPM? Mari kita cari tahu!

Ketika kamu menaikkan RPM menjadi 4,000 RPM saja, klep terbuka dan tertutup 2,000 kali setiap menit, atau 33 kali setiap detik. Padahal RPM ini masih kita anggap rendah bukan? Bagi kita penggemar kecepatan, untuk meningkatkan adrenalin biasanya kita suka menggeber hingga diatas 8,000 RPM, dan bayangkan bahwasanya klep terbuka dan menutup lebih dari 60 kali setiap detik!! Bahkan kedipan mata kita saja tidak dapat secepat itu. Kemudian bagaimana mesin balap dapat memenuhi asupan campuran udara/bahan-bakar ke dalam mesin, dan membuang gas sisa pembakaran saat kecepatan tinggi hingga mesin teriak 12,000 RPM lebih?! Wow, pada kecepatan ini, piston bergerak naik turun di dalam silinder begitu cepatnya, pula campuran udara/bahan-bakar merasuk begitu cepat ke dalam silinder.



Ketika klep intake terbuka dan piston memulai langkah hisap, campuran udara/bahan-bakar dalam porting mulai berakselerasi ke dalam silinder. Seketika piston mencapai bawah pada langkah hisap, campuran udara/bahan-bakar bergerak pada kecepatan tinggi. Jika kita begitu saja menutup klep intake pada saat ini, keseluruhan udara/bahan bakar akan terhenti dan tidak memasuki silinder. Dengan membiarkan klep tetap terbuka sedikit lebih lama, inersia ( momentum ) kecepatan gas campuran udara/bahan-bakar akan tetap mendorong asupan ini masuk kedalam silinder meski piston telah memulai awal langkah Kompresi. Kita juga menginginkan klep terbuka lebar saat kecepatan tinggi — parameter ini disebut Lift Klep, yang diatur dari profil tonjolan noken as.

Oleh karenanya, setiap detail spesifikasi tertentu, dimanfaatkan sang tuner untuk mendesain noken as khusus untuk mesin tersebut dan tujuan dibangunnya mesin tersebut. Bagaimana kekurangan sebuah mesin, dapat dipacu dari jantungnya, pengatur detak dan ritme daya laju sebuah mesin tentu saja dari noken as. Menggerinda noken as jauh lebih efektif dan efisien untuk mengatur ritme durasi dan lift asalkan dilakukan dengan benar oleh tuner yang berpengalaman di bidangnya.



SETIAP NOKEN AS HANYA AKAN SEMPURNA PADA SEBUAH RENTANG KECEPATAN MESIN TERTENTU! Pada rentang tenaga tertentu, mesin tidak akan menghasilkan performa pada potensinya secara penuh. Tentu tidak optimal menggunakan noken as standard bawaan motor ketika mesin sudah dimodifikasi sedemikian rupa untuk dipacu pada kompetisi balap. Sebagaimana kita tidak dapat mengaplikasi noken as dengan spesifikasi untuk Kompetisi balap pada mesin motor standard yang dipakai harian, selain boros konsumsi BBM juga berpotensi merusak mesin. Tentu Noken as Street Performance yang bermain di 270 derajat dan lobe lift tidak terlampau jauh dari bawaan asli motor, sangat cocok untuk mesin standard ataupun dengan ubahan minimalis, sedikit mengatrol tenaga atas tanpa harus kehilangan torsi di putaran bawah sehingga konsumsi BBM masih bisa ditoleransi.

desain piston racing

Mesin balap modern memiliki semakin banyak part yang mampu di SETING dan ditata konfigurasinya, oleh karena itu ketika berbicara tentang seting : bukan hanya setelan klep , spuyer ( pilot jet . main jet ) , final gir … hmmm kuno. Kita semakin dituntut untuk pandai menentukan ukuran diameter piston, panjang stroke, lingkaran daun kruk as, panjang stang piston, desain klep, porting, karburator, dll. Dan part apa yang ber-efek paling banyak, mari kita pelajari bersama…

Salah satu peningkat tenaga utama adalah “Kompresi” , dan piston adalah salah satu part penyebab timbulnya kompresi. Dari beberapa part mesin , desain noken as, porting, piston, klep adalah yang peling seringkali dibahas. Namun desain di balik noken as sebaiknya memang kita serahkan pada ahlinya, jangan coba-coba pada yang 1 ini karena bisa berimbas fatal : sementara geometri klep juga cukup rumit dalam efeknya terhadap airflow,


Mengukur dengan teliti gap ring piston

Bukan lantas menggampangkan proses pemilihan piston yang tepat, memang harus ditentukan oleh mekanik profesional, bukan sang pemilik motor. Namun, sedikit pengetahuan bisa menjaga kita supaya tidak dibodohi, atau bisa jadi kita dapat menyarankan mekanik kita. Karena ketika kita ingin membangun modifikasi mesin motor kita, pilihan ada di tangan kita.

Pilihan harus dipertimbangkan oleh beberapa faktor :

* Nomor 1 bahan yang digunakan untuk memproduksi piston. Keawetan adalah pilihan utama. Piston yang dilapisi silicon akhir-akhir ini juga sudah banyak diaplikasi untuk korek harian. Misal pemilik honda supra, bisa mengadopsi piston karisma, atau untuk pemilik yamaha jupiter z , bisa mengadopsi piston kawasaki zx. Dengan dimensi lebih besar dan desain lebih bagus, pastinya dapat meningkatkan lebih banyak tenaga.
* Berat piston, bisa diperingan dengan berbagai cara. Pembubutan ekor piston, mengebor dinding piston, men-tuning balik dinding piston, dll. Apapun itu, pemakaian piston ringan mampu mendongkrak di putaran atas. Semakin sedikit beban putar menjadikan akselerasi lebh cepat merespon.
* Besaran pin piston dan panjangnya juga pengaruh, seandainya kita bisa memasang piston dengan pin lebih kecil, tentu lebih bagus.
* Modifikasi relief (coakan) pada permukaan piston untuk menerima lift klep tinggi harus didesain hati-hati dan presisi menjaga agar mesin tidak mudah jebol.

RING PISTON

Tujuan utama dari set paket ring piston adalah untuk men-Stabilkan piston bergerak dalam silinder, melumasi piston dan pin, menahan oli di crankcase, serta mengatur kompresi di ruang bakar. Yang terbaik, sekecil dan setipis mungkin yang bisa diperoleh. Trik yang bagus, sayangnya ada imbas nya pula. Ring semakin dekat dengan panas, sehingga perlu gap ring piston yang lebih lebar atau ring yang lebih tipis. Permukaan lebih tipis membantu mengurangi koefisien gesekan terhadap dinding liner. Mengetahui maximum RPM juga penting. Memacu pada rpm tinggi menjadi faktor dalam pemilihan dimana kualitas ring seher mampu mengurangi gejala ring piston flutter.

Modifikasi piston


Modifikasi Gas Ports

Lihat pada piston, perhatikan lubang kecil yang dibor diatas alur ring kompresi top. Gas port ini ditambahkan untuk memberi lebih banyak tekanan pada ring piston ke dinding mencegah kebocoran. Tambahannya, jika memakai ring piston lebih ringan dan tipis maka bisa mengurangi gesekan saat langkah usaha, buang dan hisap, namun sangat bertenaga saat menahan kompresi.

Men-seting kompresi dengan dome piston.Menentukan kedalaman coakan piston


Piston Racing

Racing piston datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, serta desain yang kamu butuhkan untuk aplikasi tertentu, akan menghasilkan tenaga dan rpm yang berbeda, nikmatilah pengalaman-pengalaman riset yang menghabiskan banyak piston. Kenapa mesin balap mahal? Jawabannya : Saat ini semua engineer hampir memiliki ilmu dan kemampuan yang sama, mesin juga memiliki kualitas yang hampir setara, jika kita tidak berani untuk riset dan mencoba hal baru, untuk menjadi yang terbaik.

Manusia adalah tempatnya salah dan lupa, oleh karenanya apapun itu selama buatan manusia pastinya jauh dari kata sempurna. Maka saat memodifikasi mesin, dengan menghitung segala sesuatunya semoga bisa meminimalisir resiko kegagalan. Dan seandainya sudah ketemu kencang lantas jebol, bisa kita buatkan lagi pada ukuran sebelumnya..

seting klep

Peringatan : setelan klep yang benar atau salah akan mempengaruhi terhadap performa mesin Sepeda Motor.
Berikut ini cara-cara ringkas yang tepat menyetel klep pada Sepeda Motor Honda.
1. Persiapkan alat-alat antara lain:
  • Obeng (-) besar
  • Kunci T 17 (untuk motor Supra X 125/Karisma)
  • Kunci T 14 (untuk motor Supra Fit, Tiger)
  • Ring 8-9 (untuk motor tipe bebek)
  • Ring 10-11 (untuk motor tipe Sport)
  • Ring 17 (untuk motor tipe Sport)
  • Ring 24 (untuk motor tipe bebek)
  • Fuller gauge 1set
  • Valve Adjusting wrech (kunci klep)
2. Buka kedua tutup klep (In dan Ex) dengan menggunakan kunci Ring 17(tipe bebek) atau Kunci Ring 24(tipe Sport)
3. Awalnya posisikan agar kondisi valve bebas atau posisi piston pada Titik Mati Atas (TMA), dengan cara buka tutup magnet pada blok mesin kiri dengan menggunakan Obeng (-) besar (ada 2 buah ), pergunakan kunci Ring 14/17 untuk memutar poros engkol berlawanan dengan jarum jam,
4. Sambil memutar poros engkol, perhatikan pada saat valve In bergerak, lihat pada lubang kecil di blok magnet, posisikan tanda T pada garis lurus di lubang kecil blok magnet,
5. Kemudian pegang dan gerak-gerakkan kedua klep untuk memastikan keduanya sudah dalam posisi bebas,
6. Jika langkah diatas sudah benar, maka lakukan penyetelan valve dengan ukuran untuk tiap-tiap motor sbb:
  • Tipe Sport (Tiger,Mega Pro,GL Pro,Phantom) ukuran = 0,10mm (±0,01mm).
  • Tipe Bebek (Supra Fit, Grand, Legenda, Supra X, Win, GL 100) ukuran celah klep = 0,05mm (±0,01mm).
  • Tipe Bebek (Supra X 125, Karisma, Kirana) ukuran celah klep = 0,03mm (±0,01mm)
  • Tipe Matic (Vario) ukuran celah klep ( Klep In : 0,15mm (±0,01mm) Klep Ex : 0,26mm (±0,01mm) )
Cara penyetelannya adalah, kendorkan mur pengikat tappet adjuster (baut stelan klep) dengan menggunakan Ring 8-9 / 10-11,
7. Lalu letakkan Fuller gauge sesuai ukuran celah klep kedalam ujung batang klep, putar tappet adjuster(baut stelan klep) sampai terasa apabila fuller gauge di tarik terasa seret dan apabila didorong tidak bisa,
8. Kemudian keraskan lagi mur stelan klep dan cek ulang hasil stelan klep tadi, sampai hasilnya tepat, (bila fuller gauge terasa ditarik seret dan di dorong tidak bisa),
9. Tutup kembali semua komponen yang tadi dibuka kemudian rasakan hasilnya. MANTAP!
Demikian, mudah-mudahan bermanfaat.

up you performa engine

1

Banyak yang bisa dioptimalkan diengine untuk motor standar.Kenceng berarti akselerasi yah bukan top speed (seberapa cepat motor ente mencapai kecepatan tertentu) kalo mau signifikan ada beberapa cara:
engine44
1.Membersihkan ruang bakar plus.
Biasanya thunder dengan km> 25000 kudu servis besar, yang harus dilakukan adalah membersihkan ruang bakar, cek ring piston, cek apakah ada goresan pada liner, skir klep (kudu 1 hari 1 malem untuk nentuin apakah klep masih bocor atau tidak), cek kerenggangan klep, lihat kondisi rocker arm sudah aus atau tidak, cek busi (lihat warnanya puti kecoklatan – merah bata atau tidak), bersihkan dan setel karburator, cek kopling dan kampas kopling,ganti per kopling jika panjang per kopling < 40 mm (aslinya 42 mm), cek karet kopling, cek pompa oli, terakhir cek rante, kerenggangannya dan cek gir sproket. Ini mengikuti SOP service pabrikan.

2. lepas segel engine di thunder.
Cuma gak semua mekanik bisa melakukan itu (mungkin gak tahu). Kalo thunder standar biasanya mulai teriak di 4500 – 6500 (peak) selebihnya rada drop powernya sampe batas limiter di 9500 rpm. kalo segel dilepas, power mulai ada di 2500 – 3000 (o-1500 rpm jatah buat stasioner, 1500 – 2500 jatah buat mesin ambil napas) dan puncaknya di 8000-9000 rpm (tergantung dari karakter mesin). Karburator standar (main jet dan pilot jet tidak berubah, knalpot standar pabrik. Problemnya cuma satu warna spkbor depan bisa kaya pelangi karena sering nyeruduk angkot kalo gak biasa jaga jarak karena jarak akselerasi motor bertambah tetapi deselerasi motor (baca pengereman) tetap. Setahu ane mesin diriset pabrik hasilnya muncul 100% power namun ketika dibuat massal powernya diturunkan (disegel) hingga 25% dengan berbagai macam alasan (mulai dari menurunkan biaya produksi, aturan keselamatan, dll) jadi kalo mesin thunder di brosur 20.6 HP (diukur di engine) maka power sebenernya diatas itu. sebenernya bukan CDI yang menentukan powernya keluar di rpm bawah-atas (tarikan bawah atas enak). Engine yang minta. Yang mesti diketahui CDI hanya bertugas mengirimkan sinyal-sinyal arus ke koil sesuai dengan inputan dari pickup koil (ada faktor putaran mesin bermain) jika CDI aftermarket setting pengapian di rpm 3000 – 15000 tapi kalo enginenya tidak mau ngikutin maunya CDI juga gak akan keluar powernya. Jadi kalo mekaniknya emang jago, dia bisa buat mesin dengan powerband yang lebih lebar dari 2500 – 9000 rpm dibandingin dengan standar yang cuma 4500 – 6500 rpm (tentunya dengan CDI standar)
2
3. Porting dan polish jalur ruang bakar in/out dan ruang bakarnya.
Kalo istilah kerennya korek harian. Bagian silinder head biasanya diutak atik. Tapi gak semua orang tahu start awalnya dari mana. Biasanya yang dirapihkan adalah bagian kulit jeruk di sepanjang jalur ruang bakar dan merapihkan ruang bakar itu sendiri. Tapi untuk porting dan polish ada banyak faktor yang ikut diperhitungkan (namanya mekanik harus bisa ngitung dong, bukan bilang katanya si anu bikin kenceng) mulai dari durasi kem yang menentukan tekanan
kevakuman ruang bakar, bore stroke, diameter klep, lubang in dan out yang diperlukan, tekanan gas buang yang keluar, panjang leher angsa knalpot, volume dari silencer, tekanan backpressure dari knalpot yang diminta, kompresi yang diminta, serta debit/volume bahan bakar+udara yang diperlukan untuk di ruang bakar. dari faktor itu keluar berapa diameter lubang in yang diperlukan dibagian mana harus diperbesar dan dibagian mana yang cukup dibersihkan kulit jeruknya saja. Karbu bagaimana? tergantung hitungannya bos, dari debit yang diperlukan perdetik dihubungkan dengan faktor AFR, dan diamter jalur in, muncul ukuran spuyer yang digunakan baik untuk pilot atau main jet. Knalpot ganti?? tergantung hitungan tadi, di motor ane knalpot standar dibobok dan dibuat ulang sesuai dengan hitungan volume
silencer. Soal bensin perlu pake pertamax? jawabnya tergantung kompresi yang diminta, kalo memang maunya pake pertamax ruang bakar disetting untuk pertamax, kalo make premium 88 juga bisa. Selama ini yang didenger mesin kalo udah korek mintanya naik pertamax karena kompresi naik. Itu gak sepenuhnya bener. kompresi hanya bilangan yang berkaitan dengan bahan bakar apa yang mau dipake. Kalo kompresi 9-9.5 biasanya disarankan pake premium, 9.5 – 10.5 pertamax 92 10.5 – 12 pertamax 94, 12 up mulai dari bensol, avgas, dll.
engine45
4. Oversize/Bore up (memperbesar volume silinder)
Nah kalo ini rada ekstrem. Bore up bisa mulai dari oversize 50, 100 (bawaan pabrik) sampe oversize 200 – 400. Biasanya liner di blok silinder diperbesar/dicorter sampe ukuran yang dimau.Liner asli biasanya hanya sanggup sampe oversize 100, lebih dari itu harus ganti liner yang lebih tebel,lebih bagus dan lebih kuat dan punya batas toleransi kerenggangan yang sempit (tes dulu di lab). Kendalanya ketika oversize, gak semua tukang bubut punya alat yang punya toleransi kesalahan 0.01 mm atau lebih kecil dan biasanya juga alat bubutnya gak pernah dikalibrasi. tanya kenapa? karena harga alat kalibrasi sama mahalnya dengan harga mesin bubutnya, efeknya paling parah adalah center dari liner berubah alias miring yang berakibat, liner baret (karena center liner tidak sama dengan center arah gerak piston, ring habis sebelah. Di jakarta cuma ada satu yang bisa melakukan itu. Biasanya kesalahannya 0.05 mm up (tergantung skill tukang bubut). Diukur pake sigmat analog gak begitu keliatan karena tolerensi sigmat hanya 0.05 mm. comtoh kalo ente mau oversize 100 berarti harusnya diameter liner 73.00 mm (asli 72 mm), kalo yang bagus biasanya yang keluar adalah 73.01-73.03mm dan yang jelek adalah 73.05 mm up. Nah kalo masalah diatas sedah tidak menjadi masalah, baru dihitung ulang faktor yang disebut diatas untuk mengeluarkan power engine yang optimal.Ada efek negatif kalo
kompresi kegedean. Dinamo starter minta ganti yang lebih kuat.
Bore up dengan piston mobil? hati-hati karena konstruksi pin piston untuk mobil berbeda dengan motor, baik dari ukuran piston, tebal piston, konstruksi bangun piston, maupun diameter dan posisi center pinnya. kalo diameter pin mungkin bisa dilakukan oversize tapi posisi center pin tidak bisa dirubah.Ini yang bahaya buat liner karena posisi centernya berubah tidak sama dengan centernya arah gerak piston,piston miring sebelah, dll.
5. Naik stroke.
Kalo ini tidak direkomendasikan. Tanya kenapa?karena di sini belum ada yang punya alat untuk ngebalance kruk as. Selama di Indonesia belum ada yang punya alat itu jangan dilayanin kalo ada yang nawarin naik stroke. Sudah beberapa thunder yang bermasalah dengan naik stroke.
Nah kalo semua diatas udah di jalanin baru deh mulai upgrade aksesoris pendukung motor sesuai dengan kemauan mesin.
1. Benahi kabel bodi.
minimal bersihkan soket dan solder setiap sambungan terutama yang berkaitan kabel di sekitaran sepul, CDI, Kiprok, dan koil. Kalo punya duit lebih ganti kabel yang berkaitan diatas dengan kabel kualitas lebih bagus (hambatannya lebih kecil dari kabel standar). soalnya kable mudah getas setelah umur thundi lebih dari 2thn,sering terkena panas mesin, nge"fong" dan punya hambatan kabel yang besar karena ukuran tembaga dlam kablenya halus sekali. Efek negatifnya kalo kabel gak dirapihin adalah arus yang di dalam kabel bisa lebih kecil dari spek input CDI untuk membuka kurva pengapian dan sinyal arus yang dikirim ke koil untuk mengaktifkan busi juga jadi lebih kecil sehingga energi yang dikeluarkan juga lebih kecil, efeknya jelas bahan bakar tidak terbakar sempurna dan jadi boros BBM
2. Ganti koil dan CDI?
jawabnya tergantung dari maunya mesin. Kalo memang masih sesuai dengan maunya mesin kenapa harus ganti?. Kalo dirunut begini, Dari kompresi mesin keluar bahan bakar apa yang dipake,misal pertamax 92 di kompresi 9.7, dari sini keluar hitungan energi aktivasi yang diperlukan dari bensin pertamax, Energi tersebut keluar dari busi sebagai pemantik. disini faktor angka busi menentukan berapa energi yang diminta sesuai maunya pertamax 92 dikompresi 9.7. contoh Energi yang keluar dari Denso X24 beda dengan Denso X27. Dari hitungan energi tsb keluar spek busi yang diminta.
Spek busi tersebut tentu ada spek input arus dan voltase yang masuk ke busi untuk mengeluarkan energi. Voltase dan arus dikeluarkan oleh koil, nah dikoil punya rentang output arus dan voltase yang dikeluarkan. kalo masih masuk rentang outputnya gak usah ganti kalo diluar itu baru ganti koil. Faktor lain juga ada, panjang kabel busi dan chop busi juga punya pengaruh. Ada efek negatifnya kalo ganti koil diatas spek standar. Kabel bodi bisa meleleh karena arus yang disedot terlalu besar sedangkan hambatan dalam kable standar juga
besar dan menimbulkan efek panas berlebihan dan meleleh deh (pengalaman pribadi), selain itu juga umur busi juga lebih pendek karena harus berpijar lebih tinggi dari speknya.
Pesan sponsor: Kalo mau ekstrem dengan kapasitas cc engine jangan lupa kalo temen-temennya (baca sparepart) juga kudu ikutan diganti dengan material yang lebih bagus.
disadur dari milis JTC dan copy ulang dari bro ksatriapertama di thread Kaskus Thunder 250

Restorer Sprint MC, Mengembalikan Power Motor?


Selama roda motor terus berputar, pasti akan terus bermunculan produk perawatan kendaraan roda dua ini. Seperti Restorer Sprint MC Horsepower Series yang dibanderol Rp 60 ribu ini. Katanya bisa mengembalikan power motor yang sudah ngedrop.

“Fungsi Restorer, melapisi dinding silinder yang lecet dan menutup kebocoran yang terjadi di ring kompresi. Bisa bertahan hingga 1.000 km. Bisa untuk motor 4-tak dan 2-tak,” kata Richi, dari Motori Rumahnya Bikers yang menjual part ini.

Cara pakainya, panaskan engine minimal 70 derajat celcius. Buka busi, lalu suntikan Restorer melalui lubang busi ke dalam ruang bakar. Piston harus berada di Titik Mati Atas (TMA). Setelah disuntikan, tutup lubang busi menggunakan kain, lalu engkol beberapa kali agar cairan merata di dalam silinder. Pasangkan kembali businya.

Panaskan mesin sekitar 5 menit dalam keadaan ideal, agar cairan yang tidak terpakai terbuang keluar bersamaan dengan gas sisa pembakaran. “Knalpot akan mengeluarkan asap putih tebal, itu hanya cairan sisa yang terbakar,” kata Richi. Tim EM-Plus melakukan tes ini, di motor Suzuki Nex. Sebelumnya motor diuji dinotes kepunyaan Aerospeed di Jl. H Nawi Raya No. 74, Jakarta selatan.

Motor sebelum di suntik Restorer mampu menyemburkan tenaga 7,57 dk/7.900 rpm dan torsi 5,44 ft.lbs/6.700 rpm. Setelah di suntikan hanya menambah 0,11 dk dan 0,12 ft.lbs. Kenaikannya hanya sedikit karena mesin masih bagus. Kalau mesin sudah aus, naiknya power akan kelihatan tinggi.

“Walau bisa digunakan di 4-tak, tapi hasilnya kurang maksimal. Kemungkinan berfungsi maksimal bila diaplikasi di motor 2-tak,” saran Bibin Barlianto dari Aerospeed

Sabtu, 17 November 2012

cara korek harian motor VEGA 125cc

Cara Korek Harian motor VEGA 125 cc





Konsep Utama Modifikasi - Hukumnya wajib


Sungguh nikmat merasakan berkah di bulan Ramadhan — begitu banyak kesempatan riset korek mesin tiada henti berdatangan. Pula rasa syukur tak henti kami panjatkan bagi ALLAH SWT, Tuhan semesta alam, atas limpahan rahmatmu kami dapat berkarya. Dan atas izinMu kami masih dapat berbagi, bersedekah ilmu untuk semua sahabat se – Indonesia Apa kabar semuanya? Yang disabang? Yang di Merauke? Kami di sidoarjo nya masih terus terendam Lumpur nih… Hahaha! Apa pemerintah udah pada lupa? Woi jangan bikin gedung DPR cuma buat pindah tidur Bangun-bangun, sahur!!!


Kesempatan kini datang dari penyemplak motor Yamaha Vega R milik mr. V yang tergabung dalam club V1VA Surabaya, pemuda tampan, pendiam, memakai kacamata, menyambangi markas R.A.T yang dipenuhi pemuda berbadan gelap penuh olie, dengan gagah berani meminta order vega nya untuk di korek kencang buat turing. Busyet ternyata meski body vega nya di motif cutting sticker bunga-bunga gini, empunya gila kecepatan. Kami pun berdiskusi konsep kerja yang akan dilakukan, setelah diajukan proposal , “Bayar-nya nyicil ya mas, ” bisik sang empu pelan. “Gapapalah , pokoknya 3 x , pagi-siang-sore Lunas! Hehehe… ” jawab saya, lalu kita tertawa bersama. Nah, tertawalah sebelum tertawa itu dilarang. Modif lah sebelum modif mesin dilarang. oWokWokokWok…





Bunga-bunga tak berarti banci


Konsep mesin touring adalah kencang tapi juga awet, dan sewaktu-waktu ada trouble sparepartnya mudah didapat. Tapi inti modifikasi menjadikan laju motor kalau lari ber iring-iring tidak ketinggalan dengan karib lain. Berarti konsep motor harus mampu terus bernafas di trek yang cukup panjang, lumayan lah buat riset kalau ada order buat mesin balap dari jakarta yang main 800 meteran wkwkkw… ngimpi – ngimpi. Lagipula jalan ke arah bandara Juanda lempeng banget kalau dibuat test ride. Oke deh, plafon budget disetujui, tinggal tugas mekanik mensiasati budget yang ada.





Klep Standard dibubut layaknya klep Racing


Motor ditinggal, sang mr. V – kok perasaan ga enak nyebut inisialnya, untung bukan cewek , bisa jadi miss V donk,, hayoo yang baca siang-siang jangan mikir jorok. Uhhhuuyy… head silinder langsung dibuka perlahan- satu demi satu bautnya dikendorkan, dilepas, dibuka.. dipelorotkan dari baut tanamnya, hingga terlihat baut yang mulus dan basah terbasuh oli itu, hahahha cerita apaan sih. Dah intinya diperetelin untuk diantar ke bengkel bubut Dhaha Putra Teknik, langsung menuju ke pojok kiri belakang, tempat mas Amin bersarang!


Kita order pemakaian katub shogun, dengan panjang batang klep 67 milimeter, kita buat muncul klep nya 29 milimeter dari pangkal head, gap dibuat 4.5 milimeter mas. “Bentuk kubah ruang bakar seperti biasanya ya mas ” pesan saya mengerling kan kode rahasia , hehehe.. ini yang tetep bikin dapur bini ngebul wkwkwkw…





Porting kotak - kotak - kotak ,


Gap lebar layaknya pacuan motor road race, berguna untuk mendapat area overlaping yang tinggi , sehingga tenaga di putaran atas membaik. Disokong oleh aplikasi untuk pir katub milik CS-1 agar tidak terlambat mengembalikan klep exhaust di putaran 10.000 RPM. Sayangnya kok telat nemuinnya, malah pakai pir katub shogun sempat patah pir katub nya kena lobe lifter cam 7 milimeter, hasil dari pemangkasan noken as 1.5 milimeter. Untung ga patah klep nya, fffiiuuhhh… Kalau penari dangdut goyang patah-patah mah, aaajjjiiibbb





Kalau ini head jupiter buat Bore Up 200 cc milik guruku cak Bayu "Tape" Hi Speed Performance


Area intake port kita papas 5 milimeter, porting dibuat kotak – maunya meniru desain suzuki satria Fu150, hehehe… kebanyakan garap mesin FU jadi keblinger gini ^_^ eh, ternyata enak banget kok Sekali-kali gak ngikutin Graham Bell kan gak dosa Terpenting kita tahu prinsipnya, yang diinginginkan adalah aliran udara berkelok kesamping, bergumpal di area dekat bushing klep, lalu dihajar membentuk badai homogenus masuk ke silinder saat katub terbuka. Malahan menurut david vizard, asimetrical porting akan membantu membentuk swirl, dan dari buku teori dasar mesin torak, efisiensi ruang bakar yang mampu mencegah detonasi adalah campuran udara/bahan-bakar yang berputar ter-aduk2 dalam silinder. Oleh karenanya kita berani mematok perbandingan volume yang disapu dengan volume yang ditinggalkan hingga 11.5 : 1.


Tak lupa teknik modifikasi terbaru kita terapkan, valve back cut, ini kuncian yang menambah efisiensi area porting menjadi sebesar 30%, area kiri – kanan bushing klep kita lebarkan 110 % dari diameter klep intake. Hasilnya, Nafaaaaassss terus gak habis-habis motornya, puncak kecepatan 120 KPJ di gigi 3 kemudian pindah ke persneling final masih mau ngepot ban belakangnya waktu saya menguntit mas wawan yang ngebut test ride pake vega, sedangkan saya pake MX 135 cc korek ringan sudah nyerah, ngeri…!!! Mas wawan pun melesat makin jauh… Lucu juga ngeliat pantat mas wawan nungging di depan gitu hahaha! dasar bapaknya Attaya, besok kalau anaknya udah gede, biar ini jadi cerita buat dia kalau ternyata dulu bapaknya mau jadi pembalap gak kesampaian hahhaha





Wawan RAT :: Tertidur pulas disamping vega karyanya


Padahal jantung dapur pacu mesin Yamaha Vega ini hanya kita rubah memakai piston kawasaki kaze oversized 1 milimeter, piston ini masih menjadi andalan dari jaman dulu, hanya sekarang tinggal bagaimana pintar kita mensiasatinya. Disini serunya, karena blok vega lebih rendah 2 milimeter dibanding Jupiter Z atau Vega R new , inilah kesempatan membentuk dome pistonnya layaknya piston FIM – izumi. Piston yang muncul dari blok di beri tanda garis dengan pisau, piston direndahkan hingga 0.5 milimeter dibawah garis itu, dan dome yang terbentuk dilesakkan ke dalam ruang bakar. Mantep To, enak To… Tak lupa speeling kedalaman coakan klep pada piston diberi lebih dalam + – 1 milimeter dari posisi overlaping klep. Kalau menurut Tom Monroe, dalam bukunya Engine Builder Handbook, sebaiknya kedalaman coakan klep exhaust pada piston diperdalam, karena kecenderungan klep buang dalam posisi turun hanya mengandalkan kekuatan pir klep untuk mengembalikan posisinya, jika terlambat maka fatal akibatnya – merusak head-klep-piston-liner. Sudah sadar kan, kenapa seringkali klep buang yang mengalami kebengkokan atau bahkan patah? Ya-ya-ya ndak perlu berterimakasih begitu…





Blok pendek, piston bisa dibuat nge-dum


Dengan jantung sebesar itu, potensial kubah ruang bakar masih bisa dipacu dengan katub milik Honda sonic dengan dimensi 28 / 24, tapi toh ini untuk riset siapa tahu dapet pesenan juga untuk bikin mesin MP 3, kan dengan katub 26 / 22 , anggap aja motor pembalap pemula tapi tetep kudu bisa galak Supplay bahan-bakar masih mengandalkan milik jupiter z, pilot jet # 25, main jet # 110. Tanpa reamer, intake manifold standard. Box filter terpasang supaya debu tidak tersedot waktu motor dibawa ngebut nyalip bus, atau truk. Gasss terus pokoknya.


Ubahan lain di sektor kampas kopling, kita mengandalkan kampas kopling racing dari Indopart, pir kopling dari motor jambret, yamaha RX-KING, balancer 900 gram. Magnit standard, cdi 4st, coil standard. Tidak ada yang istimewa memang, toh butuhnya hanya transfer tenaga. Lebih dahsyat langsung ubah gigi rasio , ditata pada sekunder nomor 3 dipakai mata berjumlah 30. Membuat reduksi dari gigi 2 ke 3 lebih rapat dan cepat, dan masih menyisakan nafas pada gigi 4. Hasil top speed jarum speedometer mentok cukup lumayan lah, digapai dengan mudah melalui final gir depan 15 – belakang 35.





Antrian head untuk dibubut, tukang bubutnya ngopi di warkop sama saya hahahhaha


Muffler dipercayakan oleh bang Zaeni, dimodel megaphone, untuk mengejar putaran atas, silinser mengerucut kecil, pipa 25 milimeter pada leher, disambung 27 milimeter di step ke – 2, silinser 15 milimeter adalah lubang kasa, dengan jumlah lubang pada pipa 16 buah dengan diameter 6 milimeter.





Cak Agus, lagi sibuk mendesainkan knalpot orderan mas wawan R.A.T


Ffffiiiiuuuuhhhh… kayanya ketagihan nih bikin motor trek panjang, kapan dapet orderan jupiter lari 185 kpj, ya… rasanya bukan mimpi kalau dana nya ada… Itu rahasiamu saja ya Allah, dan kami bersyukur atas apa yang telah ditorehka

Tips Membuat Motor Jadi Lebih Kencang NamunTetap Irit


Pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi tips meningkatkan kecepatan sepeda motor namun tetap irit. Nah ko bisa, motor kencang tapi irit? Jawabannya bisa ya bisa tidak. Sebelum masuk ke pembahasan, saya ingin sedikit bercerita tentang motor kesayanganku. Motor yang saya gunakan saat ini adalah Suzuki Satria FU 150cc tahun 2009 warna merah. Kapasitas mesinnya masih standar, dulu sempat kepikiran untuk naik CC jadi 225. hehe tapi saya urungkan niat itu karena motor sering dipakai bolak-balik Jakarta-Bekasi, pasti boros banget kalo saya tingkatin kapasitas mesinnya (bore up and stroke up). Nah setelah saya konsultasi dengan orang bengkel dan teman yang lebih mengerti masalah motor akhirnya saya memutuskan untuk mengganti beberapa part.
Bagian-bagian yang sudah saya ganti di antaranya CDI Shindengen step One fungsinya untuk meningkatkan RPM setiap gas terasa lebih berisi, koil blue Thunder untuk meningkatkan pengapian, per kopling NMF meningkatkan akselerasi, Kampas kopling TDR meningkatkan power motor, 9Power untuk penstabil arus dampaknya meningkatkan akselerasi dan menghemat pemakaian BBM, pilot jet naik satu step memperlancar asupan bensin dengan setingan yang pas gak bikin boros, dan terakhir yang bikin motor tambah ganteng yaitu kenalpot R9 pelangi bikin gas buang lebih lancar dampaknya akselerasi power dan napas motor lebih panjang . Selain itu ada juga bagian-bagian lain yang sudah saya ganti tapi gak ada hubungannya dengan kecepatan seperti lampu, spion, dll. Walaupun motor sudah lebih kencang daripada standar tapi tetap selalu mengedepankan SAFETY RIDING, boleh ngebut asal kepepet aja. :D

Karburator impor dan Lokal ???


OTOMOTIFNET - Karburator berfungsi sebagai pengabut bensin dengan tipe favorit adalah non-vakum. Tipe favorit non-vakum yang murmer dan sering diterapkan bagi pencinta performa yaitu karbu Yamaha RX-King, Honda NSR SP dan Kawasaki Ninja 150R.

Soal harga, kepunyaan RX-King paling murah sekitar Rp 400 ribuan, sedang NSR SP Rp 700 ribuan (KW1) dan Kawasaki Ninja 150R Rp 650 ribu.

"Kalo Vario bore-up 150 cc ke atas, harus pakai karbu berdiameter 28 mm, kayak karbu Honda NSR-SP, Kawasaki Ninja 150R atau Yamaha RX-King diameter venturi 26 mm," ungkap Heru dari bengkel Scorpio Motor (SM) di daerah Meruya Selatan, Jakbar.

Selain harganya pas di kantong, juga diameter ukuran lubang venturinya lebih besar untuk motor 150 cc ke bawah, lumayan galak entakannya. Nah, jika punya dana lebih, bisa memilih tipe karbu impor seperti Koso, Mikuni dan Keihin.

Karbu PE 28 yang sering ditemui di arena balap

PWK 28 beda dibentuk rumah skep yang mengotak
“Bentuk dan ukuran besar venturinya bervariatif, dari 24 mm hingga 40 mm. Untuk tipe 40 mm ke atas biasa digunakan pada motor crosser ber-CC besar. Kalau enggak diganti kasihan mesin, bisa jebol karena gak sesuai dengan ruang bakar yang sudah gede," ungkap Johny Holle mekanik dan pemilik bengkel Johny Holle Motor (JHM).

Masalah settingan juga menentukan performa. Oleh sebab itu, gak main asal pasang, pilot dan main jet harus disesuaikan kebutuhannya. Jadi, peran mekanik sangat diperlukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kelebihan dan kekurangannya apa? Untuk kelebihannya sudah pasti besutan Anda lebih kencang, bertenaga dan cepat meraih putaran atas. Sedangkan kekurangannya konsumsi bensin bakal lebih boros.
Daftar Harga Karburator Racing Dan Intake

Keihin PWK 28
2.150.000
Keihin PE 28
2.100.000
Keihin TM 24
1.800.000
Keihin PWL 26
800.000
Koso 24
650.000
Yamaha RX-KING
400.000
Kawasaki Ninja 150R
650.000
Honda NSR SP (KW1)
700.000

UGRAPE motor matic


Pembesut motor matic tidak semuanya suka modifikasi mesin.  Alasannya karena takut bermasalah dan mogok. Cara paling mudah untuk meningkatkan performa lewat otak atik di seputar komponen transmisi.

"Mengulik bagian komponen yang terdapat di dalam bak CVT, seperti per CVT dan berat roller yang digunakan. Jangan lupa juga sering ulang perangkat di karburator", kata Sarjono, mekanik Sweet Martabak Racing (SMR) yang bermarkas di Jl. Joglo Raya, depan SMP-SMA Yadika 35, Ciledug, Tangerang.

Untuk masing-masing motor tentu beda ukuran dan caranya.

Vario 110 & BeAT
Hal pertama dengan menggati per CVT yang berfungsi untuk menahan sliding sheave. Pilihan per CVT terdiri dari 1.000 rpm,1.500 rpm dan 2.000 rpm. Perbedaan ini sesuai tingkat kekerasan pernya.

Untuk Honda Vario 110 dan Honda BeAT, bisa gunakan per CVT 1.500 rpm. Per ini dipilih karena membuat akselarasi cocok untuk kondisi jalan perkotaan yang cenderung stop and go.

Roller standar Vario 13 gram, monggo diganti dengan yang 12 dan 10 gram dengan cara dipasang disilang. Sedangkan roller BeAT disilang antar yang 8 dan 10 gram, dari standar 10 gram rata.

Penggunaan per CVT keras dan roller enteng agar tarikan awal mesin jadi lebih enteng dan top speed bisa dicapai dengan mudah. Penggunaan roller juga tidak boleh kelewat ringan nantinya top speed berkurang.

Beralih ke komponen pengabutan bahan bakar. Pilot-jet dan main-jet diturunkan beberapa angka, agar enggak terlalu boros. Kedua motor ini sebaiknya menggunkan PJ 38 dan MJ 98. Lalu bukaan angin di karbu dibuka kisaran 3,5 sampai 4,5 putaran.

Yamaha Xeon & Mio
Khusus Yamaha Xeon penggantian per CVT dengan spek 1.500 rpm, dirasa sudah mumpuni untuk melahap jalan perkotaan. Untuk  Yamaha Mio, selain harus mengganti per CVT standar dengan spring CVT 1.500 rpm, roller standar 10 gram rata, sedikit diturunkan bobotnya 1 angka jadi 9 gram rata.

Setelah mengganti per CVT dan roller, giliran karburator. Pilot-jet dianjurkan naik satu tingkat dan main-jet diturunkan satu tingkat. Untuk seting bukaan angin, putar sekitar 3,5 sampai 4,5 putaran.

Melubangi Piston, Agar Putaran Mesin Lebih Ringan



Di Grup Facebook MOTOR Plus Rider, Bro Zabar menanyakan soal melubangi piston. Siswa SMK Negeri 4 Purworejo itu kepingin tahu bagaimana kalau dipakai harian. Apakah resikonya?

Dijawab Zaenudin alias Bang Jay dari Eka Jaya Motor di Poris Paradise, Tangerang, Banten. Mekanik kawakan ini mengaku sering melubangi piston sejak era mesin 2-tak untuk balap.

Kalau untuk balap, piston dilubangi selain untuk pelumasan juga untuk memperingan putaran mesin. Agar rpm mesin lebih mudah naiknnya. Berlaku untuk mesin 2-tak ataupun 4-tak.

Di piston 4-tak standar, lubang-lubang kecil terdapat di got atau alur ring oli. Pelumas yang disapu bersih oleh ring akan digiring menuju lubang. Jadinya oli yang masuk melalui lubang seher akan kembali menuju ruang karter. Membuat oli tidak tertahan di alur ring ketiga.

Nah, kalau di motor balap, lubang pelumas bisa dibikin lubang tambahan. Biasanya di badan seher. Bukan saja pelumas yang akan masuk melalui lubang ini, tapi di motor balap sekaligus untuk mengurangi gesekan. Jadinya putaran mesin lebih ringan.

Menurut Bang Jay, di motor balap lebih ektrem lagi. Seher tidak hanya dilubangi, tapi dipapas abis. Yang kena papas bagian pantat seher. Meniru piston racing yang ukurannya lebih pendek. Fungsinya ganda, selain jadi ringan tapi gesekan dengan silinder jadi kecil.

Namun aksi papas pantat seher kebanyakan dipakai di motor balap liar. Karena kalau dipakai di motor harian berisiko. Dipapas akan menimbulkan suara kasar. Selain itu juga tidak tahan lama.

Mau Bikin Motor Kencang, Piston Jenong Banyak Diburu!



Piston atau seher ini memang menjadi jantung dari mesin, sehingga boleh dibilang ini adalah perangkat utama dapur pacu.

Makanya tak heran bagian ini jadi pusat perhatian para tuner. Banyak piston bisa digunakan untuk meningkatkan performa, mulai dari piston standar yang kapasitasnya lebih gede, hingga piston aftermarket yang memang dirancang untuk performa tinggi.

“Ada banyak piston di pasaran, mulai dari Izumi, LHK, Hispeed dan lainnya,” ungkap Marsell dari MC Racing di kawasan Kebon Jeruk IX, Jakbar. Piston-piston tadi ada yang disesuaikan dengan diameter standar ada pula yang memiliki diameter lebih besar, alias bore-up.

Begitu pun fasilitas yang ditawarkan produk-produk tersebut juga berbeda-beda. Ada yang menawarkan sekadar pistonnya saja ada pula yang menjual komplet set, berikut ring piston dan pen pistonnya.

“Misalkan Hispeed, ada yang dijual komplet dengan ring dan pen piston, sementara Kitaco pistonnya saja,” ungkap Dodo dari Dodo Racing di Ciledug Raya, Tangerang, Banten. Jadi pilihan pun bermacam-macam soal kelengkapannya.

Coakan klep untuk modifikasi bisa di reamer ulang

Ada yang dilengkapi dengan teflon di sisi piston

Piston hi-dome alias jenong kompresi lebih tinggi

Ring piston dan pen piston tak semua dijual dengan piston
Begitu juga kontur pistonnya, ada yang hi dome alias jenong ada pula biasa saja kontur atas pistonnya. Diameter piston pun sama, beragam pula jenisnya. Yang ingin menggunakan diameter piston standar pun ada, meski sudah hi dome.

Nah, ketika sudah ingin mengaplikasi piston ini, tentu ada yang harus dilakukan dulu pada komponen-komponen penunjang lainnya. Seperti ketika pilihan pada piston jenong yang dijual tanpa ring dan pen piston, perlu biaya tambahan.

Dodo mengatakan, ring piston rata-rata dijual dengan kisaran harga Rp 70 ribu, lantas pen piston Rp 30 ribu. kemudian kalau diameter piston diperbesar, tentunya perlu siapkan dana tambahan untuk korter sekitar Rp 25 ribu, begitu pun ketika harus mengganti boring, rata-rata dijual Rp 125 ribu.
Daftar harga Piston

FIM
150 ribu
Hispeed
400 ribu (piston kit)
NPP
130 ribu (Hi-dome)
 90 ribu (Biasa)
 Kitaco 250 ribu
BMI 100 ribu
Trim 150 ribu
Izumi 175 ribu
BRT 150 ribu
LHK 400-1,3 juta

Minggu, 11 November 2012

cara membuat motor supra x 100cc kencang


STEP 1 (MEMPERBESAR MUTU API)
Pengapian sangat
berperan penting pada mesin motor. Bagian-bagian dari pengapian motor C-Series adalah sepul,magnet,CDI,coil,busi. Sekarang kita berbicara tentang sumber penghasil
api yaitu sepul dan
magnet. Kebanyakan orang kurang mengetahui fungsi dari kedua jenis benda ini, untuk itu mari kita bahas fungsi kedua benda ini. Fungsi keduanya adalah sebagai penghasil listrik yang biasa disebut api oleh para mekanik. Kedua benda ini menggunakan sistem induksi magnet untuk menghasilkan api.
Cara memodifikasi sepul
pun beragam, namun yang cocok untuk kohar adalah dengan menggulung-ulang sepul api. Gunakan kawat tembaga ukuran 0,1 mm, lalu gulung ulang sepul api, banyaknya gulungan sekitar 600-700 lilitan. Sebaiknya menggunakan magnet yang masih
normal.
Berlanjut ke CDI yang
merupakan otak dari pengapian. CDI sangat rumit untuk dimodifikasi, saran saya membeli CDI aftermarket yang sesuai kebutuhan. CDI-CDI yang dijual di pasaran sudah banyak jenisnya, seperti unlimiter,racing, bahkan programmer. CDI unlimiter merupakan CDI yang tidak membatasi RPM mesin,
jadi semau-mau kita
menggeber tunggangan. CDI racing merupakan CDI yang memajukan timing pengapian namun tetap dibatasi RPMnya agar mesin awet. CDI Programer merupakan CDI canggih, kita dapat menyeting sendiri derajat pengapiannya serta limit RPM harganya berkisar 800rb-1,2jt. Coil merupakan pembesar api dari CDI menuju busi, coil juga merupakan lilitan.           
Banyak Coil aftermarket yang sudah beredar di pasaran. Ada juga pendapat bahwa coil mobil bagus, namun saya menyarankan menggunakan coil asli dari motor SE(special engine ). Memang agak mahal sekitar 600rb-800rb tapi aman untuk keawetan komponen lainnya. Namun masih ada coil aftermarket yang lebih murah dengan merk blue thunder dan yoshimura yang harganya
bersahabat, yaitu sekitar
130rb-175rb.
Komponen terakhir
pengapian adalah busi. Semua pasti telah mengenal benda ini, tapi tunggu dulu, apakah anda mengenal jelas benda ini??
Untuk performa yang
maksimal sebaiknya menggunakan busi racing namun jangan sembarang racing, mari saya pandu dalam memilih busi racing. Jangan pernah menggunakan busi dengan kepala banyak, contohnya kepala dua, tiga, ataupun empat. Carilah busi yang memiliki ujung batang karbon runcing dengan alasan agar api terpusat dan tidak pecah atau menyebar.

STEP 2 (KNALPOT)
Pembuangan pada motor sangat berpengaruh
pada tenaga yang dihasilkan oleh kuda besi kita. Kenaikan yang tenaga yang dihasilkan dengan penggantian knalpot mencapai 0,5 DK atau lebih, tergantung knalpot yang kita gunakan. Untuk itu penggunaan knalpot semi racing ataupun racing
sangat berpengaruh pada
tenaga yang dihasilkan. Mengapa saya bilang knalpot semi racing?
Karena pada dasarnya
knalpot racing yang beredar di pasaran merupakan knalpot yang dibuat dari spek motor standart. Kalau anda ingin mendapatkan knalpot yang benar-benar racing dan sesuai dengan karakter mesin anda, anda harus memesan khusus di tukang-tukang knalpot yang  benar- benar sudah mendalami dan terbiasa membuat knalpot untuk race. Saya akan memberi Sekarang saya beri tips ringan dalam memiih knalpot. Finally semua keputusan ada di tangan anda mau memilih knalpot dengan silencer pendek atau panjang

STEP 3 ( SPUYER KARBULATOR)
Karbulator berperan
penting dalam komponen mesin, karena karbu merupakan suatu alat yang menyediakan campuran udara dan bensin untuk mendapatkan suatu campuran yang siap untuk dibakar di dapur pacu. Perbandingan ini pun sangat berarti, karena dapat menentukan tingkat keborosan bensin. Pada mesin 4 tak penggantian knalpot tidak perlu diikuti oleh penggantian spuyer (pilotjet), namun untuk memperoleh hasil yang maksimal penggantian spuyer pun disarankan. Coba anda piker pengeluaran yang lebih besar tapi tidak diikuti oleh pemasukan yang besar juga? Bisa cepet sakit tu mesin …He3x Oleh sebab itu sebaiknya anda mengganti dengan pilot jet berukuran 40 yang di jual di pasar